Friday, September 30, 2016

Bentuk Galaxy Milky Way Saat Baru lahir

Mungkin dari kita semua pasti pernh bertanya bagaiamana gambaran bentuk galaxy bima sakti saat proses lahirkan dan itu jawabannya pasti mustahil karena galaxy bima sakti kita sudah ada pada 13.2 milyar tahun yang lalu. Dengan perkembangan teknologi sekarang kita bisa mengetahui 

Sekarang kita bicara tenang galaksi loh, bukan bicara planet , komet atau asteroid. Nasa membuat 2 perbandingan gambar yang di dapat dari sebuah galaksi yang sangat jauh yaitu galaksi M33. 

Bentuk galaksinya mirip dengan bentuk spiral,  bisa dijadikan perbandingan dengan galaksi kita sekarang.

Barisan cahaya tersebut adalah pusat galaksi kita. Tapi galaksi kita berbeda bila dilihat dari sisi atas, terdapat tonjolan di tengah galaksi dan membentuk 4 lengan berbentuk spiral.  Bentuk spiral galaksi Bima Sakti tidak persis sama. Ada 2 lengan utama yang besar, 2 lebih kecil. Satu lengan galaksi disebut Orion Arm. Dimana posisi tersebut bumi dan tata surya berada. Posisi lengan Orion Arm berada di tengah lengan utama yaitu Perseus dan Sagitarius.

Galaksi Bima Sakti diperkirakan memiliki bentuk spiral dan pipih seperti piring. Ukuran galaksi Bima Sakti memiliki bentangan sekitar 100 ribu tahun cahaya. Bayangkan sebuah piring yang sangat besar, satu orang berada di tepi sebuah piring dan kita berada di tepi yang berseberangan. Bila dia menyalakan lampu cahaya dari tepi galaksi, cahaya lampu baru terlihat ke tepi lainnya setelah 100.000 tahun lagi. Galaksi Bimasakti memang luas, walau bukan galaksi terbesar.

Bagaimana pembentukan sebuah galaksi. 

  1. Dibawah ini, dari gambar pertama adalah bentuk galaksi Bimasakti yang sekarang. Banyak fotographer mengabadikan galaksi seperti ini. Sudah berbentuk garis dan muncul cahaya.
  2. Gambar kedua ada rekaan ketika galaksi Bimasakti masih mudah, mundur waktunya ke jaman dahulu sekitar 11 miliar tahun lalu. Ketika sebuah galaksi mulai membentuk. Jumlah bintang masih sedikit terbentuk.



Mengapa galaksi Bimaksakti lebih terang bila diambil gambarnya. Sedangkan rekaan waktu lahir malah lebih gelap.
Galaksi yang sudah matang / dewasa seperti Bimasakti, akan membentuk garis tebal. Karena garis dibentuk dari cahaya jutaan / miliaran bintang yang menyala.

Sebuah galaksi ketika masih muda, baru memulai terbentuk bintang tapi jumlahnya masih sedikit. Sehingga sebuah galaksi mudah masih terlihat redup dan bentuk bintangnya lebih kecil. Bintang muda yang baru saja bersinar tampak berwarna putih dan terkumpulnya nebula (gas raksasa) berwarna merah muda disekitar galaksi. 

Menurut Nasa, dimulai dari pembentukan jutaan bintang di sebuah galaksi. Setiap tahun akan muncul bintang muda (baru). Diperkirakan rata rata 15 bintang terbentuk dalam waktu 1 tahun. Ketika galaksi mulai tua, mungkin hanya 1 bintang saja yang terbentuk setiap tahun. Walau angkanya hanya 15 bintang pertahun, sebuah galaksi melakukan evolusi jutaan bintang, karena waktu terus berjalan dan semakin banyak bintang baru muncul setelah miliaran tahun.

Nasa memberikan gambaran dari beberapa galaksi yang berhasil ditangkap. Dan dibandingkan dari tahun sekarang sampai 11 milyar tahun lalu. Bentuknya berubah dari rata rata berwarna kuning dan besar, semakin jauh diamati maka ukuran galaksi akan terlihat lebih kecil

Gambar sisi kiri adalah bentuk galaksi yang baru terbentu, semakin ke kanan maka umur galaksi semakin tua dan matang.


   Kira kira seperti bentuk diatas ketika galaksi Bimasakti mulai lahir dan membentuk banyak bintang seperti sekarang ini. Jutaan bintang seperti Matahari, dan miliaran planet ada di galaksi kita sendiri. Sedemikan luasnya sebuah galaksi tetapi memerlukan waktu begitu lama sampai terbentuk seperti sekarang.

Bagaimana galaksi Bima Sakti terbentuk
Tim astronom Caltech menciptakan simulasi dengan computer, menjadi gambaran paling akurat yang membentuk galaksi kita. Bahkan sesuai perhitungan, usia galaksi kita lebih tua. Seharusnya galaksi kita dikelilingi oleh ribuan galaksi kerdil, tapi dalam simulasi menunjukan galaksi kita hanya terbentuk dari 30 galaksi kerdil saja.

Peneliti belum dapat memahani sifat sebenarnya materi gelap atau Dark Matter yang disebutkan ikut berperan dalam pembentukan galaksi. Tim Caltech menemnukan materi gelap bukan masalah dari perhitungan mereka dan materi gelap tidak berperan penting ketika galaksi Bima Sakti terbentuk. Ledakan bintang yang lebih kuat dapat menerbangkan bintang lain, bahkan galaksi kecil
Dibutuhkan 2000 computer untuk mengolah data, proses 700.000 jam CPU untuk membuat simulasi video dibawah ini. Bila dilakukan dengan satu computer, maka dibutuhkan 80 tahun untuk menghitung data.

Video dibawah ini dalam simulasi tabrakan galaksi kecil yang membentuk galaksi Bima Sakti dengan lebar 100 ribu tahun cahaya




Hasil simulasi terakhir dari kalkulasi simulasi computer, terlihat sama seperti bentuk galaksi kita saat ini.

 

0 comments:

Post a Comment