Monday, May 23, 2016

The Biggest Telescope In The World

China tidak diam dalam dunia ruang angkasa. Satu teleskop raksasa Fast sedang dibangun di provinsi Guizhou. Ukurannya 500 meter, konstruksi memanfaatkan alam di sekitar.

Diperkiarkan teleskop Fast sudah selesai tahun 2016dan menjadi teleskop radio terbesar di dunia.

Teleskop terbesar sekarang ini masih di pegang pusat observasi Arecibo dengan diameter 300 meter. Dibanding teleskop Fast nantinya memiliki daya tangkap sinyal radio 3x lebih kuat.

Untuk apa teleskop radio. Fungsinya untuk mendengar pesan sinyal adio di alam semesta kata Nan dai China.irg.cn. Sekarang dia memimpin proyek Fast yang dimiliki universitas National Astronomical Observatory. Teleskop radio memungkinkan astronom mendengar sinyal lemah dari ruang angkasa, sekaligus mempelajari SETI 

Dua gambar pertama adalah konstruksi teleskop radio Fast, gambar ketiga adalah disain nantinya setelah teleskop rampung dibangun.



Sebagai perbandingan. Ukuran Fast dua kali lebih besar dari teleskop radio yang akan dibuat badan lain. Seperti teleskop di Puerto RIco.

Membutuhkan 4600 cermin reflektif, dan konstruksi teleskop hanya menghabiskan dana 184 juta dollar dengan pembangunan selama 5 tahun. Walau sempat dikeluhkan oleh warga disana, karena mengusur 9000 penduduk di sekitar teleskop dan gaji pegawai yang rendah

Teleskop Fast akan mendengar sinyal dari alien. Setidaknya sampai jarak 1000 tahun cahaya dimana sinyal tidak pernah terdengar oleh perangkat teleskop lain
Menjadi teleskop paling sensitif yang akan hadir sebelum teleskop optik dan teleskop gelombang radio lainnya selesai dibangun.

Menangkap sinyal electromagnetic spectrum dengan panjang antara 10cm sampai 4.3 meter.


Beberapa teknologi teleskop, dengan teknologi sensor berbeda. Seperti teleskop optik, inframerah, gelombang radio


0 comments:

Post a Comment