Friday, May 20, 2016

30 Mei 2016 Mars Paling Dekat

Bulan ini dapat melihat planet Jupiter, Mars , Merkurius dan meteor Lyrid.

Planet Mars tidak pernah lebih dekat ke Bumi sejak November 2005. 

Puncaknya akan terjadi pada 30 Mei 2016. Jarak planet Mars ke Bumi kali ini mencapai jarak 97 juta mil. 

Dan terlihat lebih terang tahun ini. Pada 30 Juni 2016, Mars akan bergerak ke arah timur dan keluar dari retrograde.

Sebelum 30 Mei, posisi Mars akan segaris antara Matahari, Bumi dan Mars pada tanggal 22 Mei sebagai posisi terbaik mengabadikan Mars.

 


Astronomi April 2016 apa yang dilihat


Planet Merkurius.
Untuk melihat planet ini, waktu terbaik bulan April, Mei pada malam hari, dan Oktober, November ketika menjelang pagi.

Mei 2016
Posisi planet Merkurius lewat tepat di depan matahari, tentu saja bentuknya terlihat dari Bumi. Tepatnya pada tanggal 9 Mei 2016, merupakan pemandangan langka dan terlihat penuh walau posisi orbit planet Merkurius agak miring dibawah matahari.

Transit planet Venus berbeda dibanding Merkurius. Planet Venus hanya terjadi 2 kali dalam 100 tahun. Terakhir lewat di depan matahari pada tahun 2012, berikutnya baru terjadi lagi pada 2019

Transit planet Merkurius memiliki orbit paling dekat ke Matahari. Beruntung kejadian langka ini dapat terjadi 13-14 kali dalam satu abad (100 tahun).
Berikutnya baru terjadi kembali 3,5 tahun atau pada 11 November 2019. Di abad ke 21 (sampai tahun 2100) ini, planet Merkurius akan lewat di depan matahari sebanyak 10 kali.

Transit planet Merkurius terjadi pada 9 Mei jam 7:12 a.m EDT sampai 15 EDT. Karena orbitnya lebih dekat ke matahari, ketika transit selama 8 jam untuk diabadikan.
Indonesia tidak dapat melihat planet Merkurius ketika lewat di depan matahari. Karena terjadi pada jam 6 WIB dan matahari sudah turun dari garis horison.


Seluruh wilayah yang dapat melihat transit Merkurius, darai Amerika Utara bagian timur, sebagian besar Amerika Selatan, Eropa Barat, pantai barat Afrika, Afrika dan sebagian di negara Asia. Wilayah yang tidak dapat melihat transit Merkurius 9 Mei 2016 ini adalah negara di Asia Timur, Indonesia, Australasia.

Venus transit di depan matahari.





Update dari Nasa video Timelapse SDO Captures Mercury Transit Time-lapse . Begitu dekat dan kecilnya planet Merkurius ketika melewati matahari dan tertangkap satelit SDO untuk observasi matahari. Menjadi planet ini sangat panas. Sementara manusia melihat kekuatan alam semesta dengan kekuatan matahari sebagai bola gas raksasa yang terbakar begitu besarnya.

Tidak tergoreng untuk hari ini saja, tapi sudah berlangsung jutaan tahun lalu. Dan mengalami panas berjuta juta tahun ke depan sampai suatu hari gas di matahari akhirnya habis terbakar dan tamatnya seluruh kehidupan di tata surya.

 

Planet merkurius transit foto di Washington DC 9 Mei 2016 

0 comments:

Post a Comment