Friday, May 20, 2016

Biner adalah Black Hole Terdekat Dari Bumi?

Ibarat musuh yang tidak terlihat, Black Hole atau lubang hitam adalah benda yang belum mampu dilihat para astronom. 

Tetapi tanda tanda keberadaan lubang hitam dapat diketahui.

Black Hole adalah benda padat (paling padat) di alam semesta, walau ukurannya bisa saja relatif kecil tetapi memiliki kepadatan luar biasa. 

Disebut black hole karena benda ini tidak bercahaya, dan tidak membiarkan cahaya lewat di dekatnya, karena akan berbelok ke dirinya akibat kekuatan gravitasi yang sangat kuat.

2 lubang hitam raksasa atau Supermasive Black Hole terbesar terdekat adalah lubang hitam di galaksi kita sendiri dan satu lagi di galaksi Andromeda.

Lubang hitam di tengah galaksi kita menjadi lubang hitam terbesar dan terdekat serta ukuran raksasa. Tetapi tidak berbahaya karena jaraknya sangat jauh, sekitar 27 ribu tahun cahaya dan berada di tengah sebagai titik pusat galaksi.

Lubang hitam besar lain ada di tengah galaksi Andromeda. Ini jelas tidak berbahaya, karena jaraknya mencapai 2,5  juta tahun cahaya lebih dari Bumi.

Tetapi ada beberapa lubang hitam berukuran kecil bisa saja keberadaannya sangat dekat ke Bumi.

Pembentukan lubang hitam berukuran kecil lahir dari sebuah bintang raksasa yang mati. Sebuah bintang raksasa yang meledak dan hancur lalu sisa debu yang tertinggal membentuk menjadi planet.

Tetapi bukan planet biasa dengan lautan, es, awan seperti Bumi. Melainkansebuah bola seukuran planet, atau lubang hitam kecil dengan kepadatan yang sangat tinggi.

Lubang hitam paling dekat dengan Bumi berada 3000 tahun cahaya disebut V616 Monocerotis atau V616 Mon. Ukurannya diperkirakan 9-13 kali massa matahari. 

Disana memiliki sistem biner. Disebutkan massa adalah kepadatan benda, dan bukan ukuran.

Lubang hitam terdekat kedua yang terditeksi dinamakan Cygnus X-1. Memiliki jaraknya sekitar 6000 tahun cahaya dari Bumi. Memiliki ukuran 15x dari massa matahari. Disana disebut sebagai sistem biner 

 


Lubang  hitam ketiga juga memiliki sistem biner.

Ini pertanyaan, mengapa ada kata biner atau kembaran. 

Yang dimaksud biner adalah sebuah lubang hitam yang terditeksi, selalu memiliki pendamping sebuah bintang di dekatnya. Dengan kata lain, astronom dan para ahli hanya dapat mengetahui keberadaan sebuah lubang hitam karena ada satu bintang yang berada dekat sebuah Black Hole.

Alasannya lubang hitam belum dapat terditeksi oleh teknologi saat ini. Yang ditemukan hanya lubang hitam yang memiliki pendamping atau biner. Dan gejolak di keduanya yang dapat terditeksi oleh para ahli, membentuk cakram sehingga keberadaannya bisa diketahui. Secara umum dampak lubang hitam akan menarik gas yang ada di sebuah bintang, perlahan tapi pasti dan suatu hari bintang akan kehabisan gas. Ketika terjadi tarik menarik keduanya, astronom dapat memperkirakan disana terdapat sebuah lubang hitam.

Jangan jangan ada lubang hitam lain yang dekat dengan Bumi, tetapi belum terditeksi oleh para ahli astronomi. Dapat dijawab "dibenarkan"

Sejauh ini tata surya kita sudah berusia 4,5 milar tahun. Dan sejauh  ini, planet di tata surya kita tidak pernah terganggu oleh hal berbahaya. Misalnya gangguan dari gravitasi sebuah lubang hitam yang melintas liara

Apa yang terjadi bila lubang hitam atau black hole lewat di dekat tata surya.
Seandainya sebuah lubang hitam melintas dalam jarak belasan tahun cahaya saja. Gravitasi lubang hitam dapat mengacaukan gravitasi sebagian planet. Entah menarik, mengeser dan lainnya.
Bila lubang hitam pernah melintas sebelum manusia hadir, mungkin manusia juga tidak akan ada seperti sekarang.

Apakah tata surya kita akan aman, sejauh ini yah. Tetapi jawabannya tidak terlalu yakin. Dan bahaya sebuah planet bukan datang dari gangguan lubang hitam yang lewat begitu saja. Bumi bukan hal penting dari alam semesta dan bisa hancur oleh kejadian dari ruang angkasa atau ulah manusia sendiri.

Bila anda seorang astronom dan melihat sebuah bentuk benda seperti dibawah ini. Tidak perlu melapor ke siapa-siapa, karena tidak ada gunanya

Lubang hitam paling dekat ke Bumi adalah Biner

0 comments:

Post a Comment