Friday, May 20, 2016

Bintang ditelan black hole ASASSN-14li

Sebuah bintang yang diteliti akhirnya masuk ke dalam lubang hitam. Sebuah black hole dengan nama ASASSN-14li diamati oleh teleskop Chandra X-Ray, Swift Gamma-ray Burst Explorer dan XMM Neton menunjukan sebuah bintang akhirnya hancur oleh sebuah lubang hitam tersebut

Ketika sebuah bintang nyasar dan mendekati lubang hitam dengan ukuran jutaan kali dari masa matahari. Bintang akan tertarik dan gas dari bintang akan masuk ke dalam lubang hitam. Hal ini ditunjukan dari tanda soar di sebuah galaksi PGC 043.234. Galaksi tersebut berada 290 juta tahun cahaya dari Bumi.



Bintang ASASSN-14li di telan Black Hole 

Para astronom menguji teori mereka dengan nasib bintang oleh black hole ASASSN-14li. Gas dari bintang yang nyasar ke lubang hitam perlahan akan tertarik dan melingkar di sekitar lubang hitam. Panas disk yang terang dapat terlihat oleh teleskop X-Ray. Nasibnya, bintang besar tersebut lenyap karena gas dari bintang terbawa oleh inti black hole.

Video di Youtube ini mengambarkan kejadian dari penemuan bintang yang di telan oleh lubang hitam dalam bentuk ilustrasi. ASASSN-14li ditemukan oleh peralatan All-Sky Automated Survey for Supernovae (ASAS-SN) di bulan November 2014.





0 comments:

Post a Comment